bilik BINTANG, yang sedang dan akan terus kejar kejora, terangi semesta
bilik BINTANG, tempat bermimpi, berkeluh, bercermin, bercerita
bilik BINTANG, untuk DUNIA...


Monday, December 01, 2003

TVRI menjalin persatuan dan kesatuan.... Mungkin sekarang, di antara sekian banyak stasiun TV yang ada di Indonesia, jumlah orang, khususnya di Jakarta, yang memilih TVRI sebagai stasiun TV favorit itu dikiiiit banget. Yah emang wajar sih, mungkin banyak yang menganggap acara di TVRI nggak seru, kalah rame ama MTV-nya Global TV, Bajaj Bajuri-nya Trans TV, berita2nya Metro TV, bahkan Tersanjung, sinetron abadi, milik Indosiar. Tapi, cuma pengen ngingetin, bagi anak2 kelahiran 80 dan sebelumnya, yang menghina-dina-mariana-kan TVRI sekarang, harap diingat bahwa kalian semua tumbuh bersama TVRI, dengan program2nya yang saat itu mampu memaku mata2 kamu pada layar kaca.

Sebut aja deh, mulai dari UNYIL. Walo sekarang gue udah nggak bisa nginget nama seluruh tokoh yang muncul di sana, gue yakin Pak Ogah, Pak Ableh, Pak Raden, Bo Bariah, nggak bakal hilang dari ingatan. Minggu pagi lima belas tahun lalu, sambil makan nasi goreng mama kalo nggak nasi pake kecap dan abon, ada gue yang ketawa nonton Unyil. Abis itu kalo nggak salah ada PANGGUNG HIBURAN ANAK-ANAK, RIA JENAKA, dan ALBUM MINGGU KITA (lupa urutannya gimana). Tapi masih inget ada Kak Puput Novel yang jadi MC acara tempat anak2 Indonesia memuja artis2 cilik kayak Puput Melati, Melissa, Bayu dan sapa gitu. Dan gue masih inget acara yang selalu dianjurkan bokap untuk dicermati, karena penuh petuah bagus dari Semar, dan rame karena ada Bagong, Petruk, Gareng, dan Mono. Dan gue dulu lumayan mengagumi Fajar, anak temen Bokap, yang kakeknya jadi Gareng. Terus gue juga nggak lupa ada Bung Adam yang setia menemani pemirsa di minggu pagi, dengan Album minggu (det..det...ada gambar bintang), album minggu kitaaaaaaa.

Itulah sepercik nostalgia minggu pagi lebih dari satu dasawarsa lalu. Pagi di mana bangun lebih telat dari biasanya karena hari libur dan karena tadi malemnya tidur telat nongkrongin eS-A-eF-A-eR-I SAFARI yang diasuh Edy Sud. Yang mungkin bagi artis2 zaman itu, tampil di sana sama dengan jadi sebuah prestise. ANEKA RIA SAFARI ini hadir setiap dua minggu sekali, bergantian dengan KAMERA RIA yang berbau militer. Abis itu biasanya ada film nasional Indonesia yang diputer tengah malem. Jadi inget satu episode nonton berdua ama mama, kalo nggak salah judul filmnya SELENDANG SUTRA UNGU, dan Bintang yang masih kelas 3 SD menangis hebat karena terharu, sambil bilang "Kok orang jahat banget, ya, Ma?". Untung filmnya berakhir dengan bahagia dan Bintang tidur tenang di pelukan mama.

Selain itu masih ada acara2 keren di TVRI. Anak2 biasanya nggak ngelewatin HE-MAN (ampe sekarang nggak tahu He-Man ngomong apa sih pas berubah), TARZAN, dan TEENAGE MUTANT NINJA TURTLES. Khusus yang terakhir ada memori ekstra. Waktu masih di Pekan Baru, waktu TVRI masih mulai jam setengah 3, gue pernah jatohin TV gara2 buru2 pengen nonton Tenage Mutan Ninja Turteles (gue nggak bisa bacanya dulu) dan dimarahin papa abis2an. Hah...dan temen gue yang semangat nonton kura-kura ninja bareng langsung bilang "Bintang, pulang dulu.." padahal a friend in need is a friend indeed kan? Tapi lewat KKN, gue dan seorang temen gue, mungkin juga seluruh anak2 di Indonesia, jadi terobsesi pengen makan pizza.... masa-masa itu. Satu lagi acara anak2 yang bikin gue nggak sholat maghrib di surau dan waktu ditanya guru ngaji ngomongnya "Sholat di rumah, Pak!" adalah FUN HOUSE with J. D. Roth.... Gue bener2 terobsesi ama acara ini, sampe bikin acara hampir sama setiap malam tahun baru ama tetangga dan sangat kecewa pas Indonesia bikin tiruannya, TANG TING TONG, yang nggak bersaing abis.

Malem2 hari kerja, kita dihibur ama sinetron2nya TVRI kayak LOSMEN (Mang Udel, Mieke Wijaya, Ida Leman, Dewi Yull, Mathias Muchus), terus ada DR. SARTIKA (Dewi Yull, Dwi Yan), JENDELA RUMAH KITA (kalo nggak salah ini malam minggu deh...pokoknya ada Dede Yusuf, Septian Dwi Cahyo), terus ada KELUARGA RAHMAT (Bu Hebring, Bu Subangun, ini bener nggak ya? rada lupa). Kalo ngomong sinetron nggak boleh lupa ACI, figur karang taruna teladan. Pokoknya semua sinetron ini nggak pernah gue lewatin tiap penayangannya. Dan bagi yang tak kuat memendam rindu pada alunan nada karya anak bangsa hingga malam minggu nanti, ada SELEKTA POP setiap malam Rabu (kalo nggak salah).

Jaman SD, berarti jaman kita masih suka ditutupin mata ama orang tua kalo ada adegan bahaya. Dan berarti jaman gue nggak boleh nonton drama2 impor kalo malem. Tapi tetep aja gue suka nyuri2 dengan alesan pengen tidur di ruang tamu, padahal pengen nonton REMINGTON STEEL, DYNASTY, SANTA BARBARA. Masalah drama impor nggak boleh lupa ama HUNTER, LITTLE HOUSE ON THE PRAIRIE, dan LITTLE MISSY.

Oh ya, TVRI juga nggak lepas dengan acara bermutu lainnya seperti APRESIASI FILM NASIONAL yang sangat kusuka, karena bisa nonton cuplikan film horor dan lagu penutupnya yang nggak tau kenapa, bikin hati sendu. Aku cintaa... Anda cintaa... Buatan Indonesia (tirainya turun..). Ada juga CERDAS CERMAT, tempat anak2 pintar se-Indonesia adu pengetahuan. Acara bikin gue ngiri ama anak2 yang bisa jawab pertanyaan yang nggak bisa gue jawab, dan bikin gue menghujat yang nggak bisa jawab pertanyaan2 gampang. Hahhh...tapi dulu pengen banget bisa tampil di sana, sayang nggak kesampean.

Banyak juga yah ternyata JUALANnya TVRI waktu itu. Dan waktu itu emang LARIS MANIS banget, karenaaa...stasiun TV cuma satu. Tapi tetep kok, secara kualitas emang bagus. By the way, kalo ada yang pengen nambahin acara2 paten TVRI, monggo.....

Kalo di Amrik ada MTV GENERATION, di Indonesia mestinya ada GENERASI TVRI.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home